Sabtu, 20 Juli 2013

Fitur Penerjemah Pada Opera Mini

Fitur penerjemah pada opera mini. Dengan memanfaatkan google translate kita bisa menambah fitur penerjemah pada opera mini. Caranya ikuti panduan berikut ini!
  1. Masuk ke situs google translate menggunakanopera mini 7,next atau mobile. Lalu tentukan obyek bahasa yang akan diterjemahkan menjadi Auto detect(deteksi bahasa). Dan tujuan bahasa terjemahannya menjadi bahasa indonesia.
  2. Arahkan kursor ke kotak teks (search box) lalu tekan tombol pilih agak lama atau bisa juga tekan angka 1 untuk ponsel dengan qwerty keypad, sampai muncul tulisan “add search engine” lalu klik.
  3. Selanjutnya beri judul pada search engine, contoh “google terjemah” lalu klik add, selesai.
Setelah kita mempunyai google terjemah di daftar mesin pencari opera sekarang saatnya untuk menggunakan. Anggap saja kita sedang browsing menggunakan opera mini dan masuk ke suatu halaman web berbahasa inggris contoh disini yaitu http://www.onislam.net/english. Maka untuk membacanya dalam bahasa indonesia ikuti langkah sederhana berikut ini :
    Pertama-tama aktifkan dulu mesin penerjemah yang sudah dibuat tadi di opera mini pada status default(Tekan #2 dan gulir ke bawah untuk melihat daftar mesin pencari opera). Status mesin pencari yang aktif / default ditandai dengan bulatan hijau+tanda centang ditengahnya.
    Setelah aktif lalu kembali lagi ke halaman web tadi dan buka address bar (tombol pintas, tekan#1) maka akan terlihat URL halaman web yang sedang dibuka ( http://www.onislam.net /english).
    Selanjutnya gulir navigasi ke bawah(scroll down) sehingga URL web beralih ke mode pencarian lalu klik Go.
Dan hasilnya situs http://www.onislam.net/english pun berubah menjadi bahasa indonesia yang siap dibaca berkat bantuan google translate. Walau masih banyak juga kalimat hasil terjemahan yang rancu Tapi ya yang namanya mesin atau software penerjemah manapun tidak akan Sebagus manusia dalam urusan alih bahasa.
Google translate yang telah terpasang di mesin pencari opera tidak hanya bisa untuk menerjemahkan seluruh teks dalam sebuah halaman web tapi bisa juga untukmenerjemahkan kosa kata maupun kalimat secara cepat tanpa perlu mengetikannya di kotak pencarian.
Anggap saja kita sedang membaca sebuah artikel berbahasa inggris misalnya, tiba-tiba menemukan sebuah kosa kata/kalimat yang tidak dimengerti dan memerlukan penerjemah. Solusinya cukup ikuti langkah berikut :
    Pilih kata yang ingin diterjemahkan dengan menekan lama “tombol pilih” atau tekan angka 1 untuk qwerty keypad.
    Tentukan awal teks yang akan ditranslate, klik start lalu sorot kata tersebut dan klik use untuk mengakhiri.
    Pilih “search” jika mesin terjemah sudah dalam status aktif sebelumnya atau pilih “search with” jika belum dan pilih google translate engine untuk menerjemahkan.
Demikian sedikit tutorial sederhana cara memasang atau membuat mesin penerjemah ke dalam bahasa indonesia di opera-mini menggunakan google translate dan cara penggunaannya. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.