Senin, 07 Desember 2015

Menentukan Ranking Dengan Microsoft Excell

Seiring dengan era globalisasi yang semakin maju, kita pun dituntut untuk mengikuti kemajuan tersebut agar tidak gagap teknologi (seperti saya^_^). Sebagai guru / tenaga pengajar tugas kita saat ini tidak sebatas pada proses belajar mengajar di kelas, namun setidaknya juga menguasai teknologi tersebut agar pekerjaan lebih mudah terselesaikan dengan baik. Salah satunya adalah ilmu komputer dan khususnya aplikasi Office, baik itu Word, Excel atau Power Point.
Tempo hari, saya membuat Laporan Hasil Belajar Siswa menggunakan Microsoft Excel dengan fungsi “SUM” untuk mengetahui jumlah, “AVERAGE” mencari rata-rata, “MAX” untuk nilai tertinggi dan “MIN” untuk nilai terendah. Namun, terkendala pada saat menentukan ranking atau peringkat kelas. Terpaksa saya menghitungnya satu per-satu secara manual, hingga pada akhirnya (karena bosan) saya berusaha menemukan cara lebih mudah yang sebenarnya sudah ada di Microsoft Excel; yaitu fungsi “RANK”. Rumus yang digunakan adalah :
=RANK(number,ref,order)
Keterangan:
    number,adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus dibawah adalah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan. ref,berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking. order,bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1. Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0.
Karena berbagi itu indah, berikut ini adalah Cara Menentukan Ranking Kelas di Microsoft Excel :
Menentukan Ranking Kelas di Excel

    • .(Setelah seluruh nilai siswa terkumpul dan dimasukkan dalam sheet) Terlebih dahulu kita tentukan nilai rata-rata dengan menggunakan rumus “AVERAGE” yaitu; (sebagai contoh) =AVERAGE(D13:K13) karena nilai mata pelajaran per-siswa berada pada kolom tersebut. Kemudian tarik /drag ke bawah hingga siswa terakhir.
    • .Nilai rata-rata tersebut yang akan kita jadikan acuan untuk menentukan ranking setiap siswa, dalam kasus ini terdapat di baris M13 sampai dengan M22. Input untuk ranking siswa pertama terletak dicell N13; disini saya klik dan masukkan rumus==RANK(M13;$M$13:$M$22;0)
      M13 adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut (perhatikan M13:M22)
      Sedankan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil.
      Dengan penambahan tanda $ (absolute) agar nilai tersebut tetap konsisten dan dapat menyesuaikan apabila ditarik ke bawah. Kemudian drag hingga akhir siswa dan akan menghasilkan Rangking Otomatis seperti gambar berikut :
.
Nah, ternyata mudah bukan? Saran saya; tetap gunakan cara manual saja. Karena semakin lama waktu yang dibutuhkan dalam berfikir, maka semakin banyak pula pahala yang kita peroleh dalam belajar mengajar (bercanda ^_^).
Demikian Cara Mudah Menentukan Ranking Kelas di Microsoft Excel, semoga bermanfaat bagi Anda khususnya wali kelas dan guru / tenaga pengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.