Selasa, 13 November 2012

Sholat Hajat Ta'nisil Qobri


Assalamu alaikum wa rohmatullaahi wa barokatuh.

Pembaca yang budiman, dalam sebuah hadits Rosulullah SAW pernah bersabda untuk menggambarkan keadaan orang - orang yang telah meninggal ketika mereka di alam kubur / alam barzakh, hadits tersebut artinya kurang-lebih demikian : "Tidak ada orang - mati kecuali mereka seperti orang yang tenggelam, yang selalu mengharap pertolongan".
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah siapa yang dapat menolong mereka?
Jawabannya sudah dijelaskan oleh Rnsulullah SAW dalam sebuah haditsnya yang artinya kira-kira begini : "Jika anak adam telah mati maka terputuslah semua amalnya.,kecuali tiga perkara : sodakoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do'a anak yang sholeh."
Dari hadits di atas,kita menjadi tahu bahwa do'a seorang anak yang sholeh bisa membantu meringankan siksa kubur atau menambah nikmat kubur. Salah - satu bentuk do'a adalah dengan mengamalkan sholat ta'nisil qobri. Adapun caranya seperti sholat pada umumnya,hanya waktu, bacaan surat, dan do'anya yang khusus.
Diterangkan dalam kitab syarh sittiina mas'alah halaman 67 karya Syekh Ahmad Ar-romliy Rasulullah SAW pernah bersabda :" la ya'ti 'alalmayyiti asyaddu minallailatil ula farhamu bishshodaqoti man yamut faman lam yajid falyusholli rok'ataini yaqro-u fi kulli rok'atin minhuma fatihatal kitab wa ayatal kursiy wa alhakum wa qul huwallahu ahad ihda 'asyrota marrotin wayaqulu : allahuma inni shollaitu hadzihish sholata wa ta'lamu ma uridu Allahummab'ats tsawabaha ila qobri fulan bin fulanah ....."
Yang artinya : "Tidak datang atas mayit sesuatu yang lebih menakutkan selain malam pertama maka belas - kasihilah para orang - mati kalian dengan sedekah. Siapa yang tidak punya maka sholatlah 2 rakaat,setiap rokaat membaca fatihah (1x) ayat kursi (1x) alhakum (1x) qul huwallahu ahad (11x) kemudian berdo'a : allahuma inni shollaitu hadzihish sholata wa ta'lamu ma uridu Allahummab'ats tsawabaha ila qobri .... bin/binti .... (sebutkan nama si mayit dan ibunya )(Ya Allah, sungguh aku telah mengerjakan sholat ini dan Engkau tahu apa yang aku inginkan dengan sholat ini. Ya Allah kirimkan pahala sholat ini ke kuburnya ..... bin/binti .... )
Adapun bacaan niatnya adalah : usholli sholatal hajati rok'ataini sunnatal lillahi ta'ala.
Demikian penjelasan singkat tentang sholat ta'nisil qobri.Semoga bermanfaat.Silahkan dibagikan pada teman - teman yang lain dengan syarat menyebutkan link sumbernya, yaitu : http://www.santrijadijutawan.blogspot.com/2012/11/sholat-tanisil-qobri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.