Rabu, 23 Oktober 2013

Ringkasan Tahun 1 Hijriyah

    1. Setelah 1 tahun Rasulullah SAW berada di Madinah beliau membangun masjid.
    2. Pada tahun 1 hijriyah ini mulai disyari'atkan / diberlakukan adzan untuk mengajak kaum muslimin sholat berjamaah.
      Bacaan adzan ini diusulkan oleh sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Zaid (عبدالله بن زيد). Kemudian dia disuruh Rasulullah untuk mengajarkan bacaan adzan tadi kepada Bilal (بلال). Lalu Bilal memberi tambahan pada adzan subuh dengan bacaan :

      الصلاة خير من النوم

    3. Pada tahun 1 hijriyah ini kaum Yahudi kota Madinah mulai menampakkan rasa bencinya kepada kaum muslimin. Mereka dibantu oleh kaum munafik kota madinah yang dipimpin oleh Abdullah bin Ubayyu bin Salul (عبدالله بن أبي بن ‏سلول).
      Agar kaum Yahudi dan kaum munafik tidak mengganggu perjuangan dakwah islam, maka Rasulullah membuat perjanjian dengan mereka, yaitu: kaum muslimin dan kaum Yahudi tidak boleh saling menyakiti dan mengganggu agama masing-masing.
    4. Pada tahun 1 hijriyah ini kaum muslimin baru mendapat perintah untuk berperang melawan kaum kafir.
      Pertempuran yang terjadi pertama kali pasukan kaum muslimin dipimpin oleh pamannya Nabi yang bernama Chamzah (حمزة). Pasukan ini bertugas menghadang rombongan dagang suku Quraisy yang pulang dari Syam (Syiria).
      Istilah untuk pasukan kaum muslimin yang tidak dipimpin oleh Rasulullah disebut sariyyah (سرية) ,sedangkan yang dipimpin oleh Rasulullah disebut ghozwah (غزوة).
      Jumlah sariyyah yang dikirim Rasulullah semasa hidupnya = 47.
      Jumlah ghozwah yang dipimpin Rasulullah = 27.
    5. Pada tahun 1 hijriyah ini, seorang saudara sesusuan Rasulullah yang bernama Utsman bin Madh'un (عثمان بن مظعون) wafat. Dan Rasulullah menyuruh agar kubur saudaranya itu disirami serta memberi tanda dengan meletakkan batu di atasnya.
    6. https://bit.ly/3fFljlI

Post ini dibuat sebagai bahan pelajaran tarikh untuk kelas 5 Madrasah Diniyyah Hidayatur Rahman (MAHIR) Gebang Bonang Demak Jawa-tengah. Diterjemahkan secara bebas dari ringkasan kitab KHULASHOTU NURIL YAQIN jilid 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.