Sabtu, 19 Oktober 2013

Widget Yang Penting Dalam Blog

Seorang blogger pasti menginginkan blognya terlihat menarik tapi tidak mengurangi kesehatan blog tersebut. Salah satu yang membuat blog menjadi lebih menarik adalah dengan terpasangnya berbagai widget, tapi ada beberapa widget yang tidak sehat karena mengandung pesan eror page. Nah, kalau begitu widget apa saja yang sehat dan seharusnya terpasang di blog ? Mari kita simak artikel berikut.

  1. Link Navigasi Horizontal
  2. Menu ini sangat penting. Namun faktor ini tidak lepas dari link RSS yang ada pada navigasi ini. Beri link ke Posts RSS dan Comments RSS agar membantu Search Engine mengakses blog anda. Jika anda bingung, berikut link Posts RSS: http://santrijadijutawan.blogspot.com/feeds/posts/default Dan berikut link Comments RSS: http://santrijadijutawan.blogspot.com/feeds/comments/default Ganti yang berwarna merah dengan url blog kamu.
  3. Artikel Terbaru
  4. Widget ini digunakan untuk mengarahkan pengunjung blog anda ke artikel terbaru milik blog anda. Juga bisa digunakan untuk menambah pageviews karena memperbanyak navigasi ke posting yang lainnya. Berikan link ke 5 artikel terbaru anda agar tidak terlalu banyak link yang ada pada homepage.
  5. Komentar Terbaru
  6. Digunakan untuk mengetahui komentar terbaru pada blog anda. Jadi, sebagai Administrator blog, anda bisa langsung merespon komentar terbaru yang muncul pada blog anda. Ini juga bisa digunakan untuk menghindari terjadinya Spamming pada komentar.
  7. Artikel Terkait dengan atau Tanpa Thumbnail
  8. Widget ini digunakan untuk memberikan navigasi ke artikel yang mempunyai tema/kategori/label yang sama, misal trik blog. Artikel tentu berhubungan satu dengan yang lain. Maka dari itu diperlukan widget ini untuk mempermudah akses ke artikel lainnya juga. Ada juga yang menggunakan thumbnail. Maksudnya adalah dengan menampilkan gambar sebagai pendukung.
  9. Widget Arsip (Archive)
  10. Widget ini mengelompokkan postingan dalam bulan tertentu. Misalnya mengelompokkan posting yang dilakukan bulan Januari, Februari, dan lain-lain. Namun, ada optimasi yang harus anda lakukan. Jangan asal menggunakan widget ini. Pilih model Flat List agar tidak ada Error pada blog anda dalam widget ini.
  11. Social Bookmark
  12. Digunakan untuk mempublikasikan postingan anda ke layanan sosial yang tersedia dalam widget. Dengan klik, artikel anda akan secara otomatis dipromosikan lewat situs berbasis direktori dan ini bisa membawa manfaat yang baik, yaitu trafik blog anda akan bertambah dan posisi pada Google akan naik juga.
  13. Widget Langganan Artikel Melalui Feedburner
  14. Widget ini juga berguna, khususnya untuk mempermudah pembaca blog anda mendapatkan info terbaru pada blog anda melalui email. Setiap artikel yang muncul pada blog anda akan secara otomatis masuk pada email pelanggan Feedburner anda. Ini menjadi cara tersendiri bagi blog anda untuk lebih terkenal.
  15. Kumpulan Link ke Posting terdahulu
  16. Untuk hal ini, anda bisa menggunakan widget HTML/Javascript dengan berbagai model, seperti scroll link list atau tab view. Berikan di dalamnya link yang mengarah ke postingan anda terdahulu. Ini difungsikan agar artikel yang paling lama masih terdeteksi dan bisa dijangkau dengan mudah.
  17. Statistik
  18. Widget ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang perkembangan blog anda, mulai dari PageRank hingga Alexa Rank. Anda juga bisa menambahkan statistik yang lain seperti Statistik Pengunjung, Widget Online Visitor dan lain-lain. Asal jangan kebanyakan karena script yang terlalu banyak menimbulkan efek samping yang akan membuat blog anda semakin berat.
Di atas adalah widget yang sangat penting dan wajib anda miliki. Untuk tambahan dan tidak masuk dalam widget adalah suatu blog sebaiknya memiliki maksimal 100 URL yang ditampilkan pada homepage, dan homepage memiliki ukuran tidak lebih dari 100 Kb. Ini bisa dilihat dari tool online, yaitu Meta Tag Analyzer milik SEOcentro.
Dan juga anda tidak direkomendasikan memasang Widget Follower pada blog karena ternyata Widget tersebut mengandung banyak sekali pesan Error. Jika anda tidak percaya silakan cek blog anda pada URL berikut:
http://validator.w3.org/
Lebih banyak mana pesan error yang terdapat pada blog anda sebelum dan sesudah anda mencopot widget ini, widget ini juga biasa disebut denganGoogle Friend Connect.
Nah, itu tadi beberapa pilihan widget yang penting untuk dimiliki sebuah blog, sekarang tinggal teman-teman mau dikondisikan seperti apa widget itu, tergantung kreasi masing-masing. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. By doing all of your due diligence when making choices for the aquaponics system,
    you are going to avoid making costly mistakes.
    Aquaponics gives an ultimate experience of staying all-around nature within the clustered and chaotic cities.

    The system is only going to require the addition of
    hardly any water each week.

    Feel free to visit my blog post; aquaponic system

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak buat informasinya, sangat membantu..

    BalasHapus

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.