Sabtu, 28 Desember 2013

Ringkasan Tahun Tiga Hijriyah

Pada tahun 3 hijriyah, Rasulullah beberapa kali memimpin pasukan perang, yaitu pada perang ghathafan (غطفان), perang bachraan (بحران), perang chamra-ul asad (حمرأ الاسد), dan perang uhud (أحد).

Perang Ghathafan (غطفان)

Perang ghathafan (غطفان) terjadi karena ada kabar bahwa sekelompok suku Arab pedalaman akan menyerang kota Madinah. Mereka adalah: bani tsa'labah (بني ثعلبة) dan bani muharib (بني محارب). Mereka dipimpin oleh Du'tsur (دعثور).
Tetapi ketika mereka melihat pasukan Rasulullah mereka ketakutan dan lari bersembunyi sehingga tidak terjadi pertempuran. Kemudian pasukan muslim beristirahat.
Ketika Rasulullah sedang beristirahat Du'tsur datang dengan mengendap-endap kemudian dengan pedangnya dia mengancam Rasulullah dan berkata: " Muhammad ! Siapa yang akan menolongmu dariku sekarang? "
Rasulullah dengan tenang menjawab: " Allah. "
Melihat ketenangan Rasulullah Du'tsur menjadi takut dan gemetar sehingga pedangnya jatuh kemudian diambil oleh Rasulullah. Dan ganti Rasulullah yang mengancam: " Siapa yang akan menolongmu dariku sekarang?"
Dengan takut Du'tsur menjawab: " Tidak ada. "
Tetapi Rasulullah melepaskan dia. Sehingga Du'tsur masuk islam dan mengajak kaumnya agar juga masuk islam.


Post ini dibuat sebagai bahan pelajaran tarikh untuk kelas 5 diniyyah ula Madrasah Diniyyah Hidayatur Rahman (MAHIR) Gebang Bonang Demak Jawa-tengah. Diterjemahkan secara bebas dari ringkasan kitab KHULASHOTU NURIL YAQIN jilid 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima-kasih atas kunjungan sobat. Silahkan berikan komentar anda (saran, pertanyaan, ataupun kritikan) untuk kemajuan blog ini dengan bahasa yang sopan.